CodeIgniter

PHP & Object Oriented Programming
Untuk menguasai CodeIgniter anda harus memahami PHP dan konsep Object Oriented Programming (OOP).
1. Pengertian PHP

 PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemogramaman di    sisi server. Ketika kita mengakses sebuah URL, maka web browser akan  melakukan request ke sebuah web server. Misalnya kita me-request sebuah file  PHP https://www.facebook.com/ , maka webserver akan  melakukan pencarian terhadap file PHP tersebut. PHP parser yang menjalankan
kode-kode PHP yang terdapat pada file index.php lalu mengirimkan hasilnya ke web browser.

2. Sejarah PHP

 Pada tahun 1994, Rasmus Lerdorf mengembangkan sebuah perkakas yang    digunakan sebagai engine parsing sebagai penerjemah/interpreter  beberapa macro. Pada saat itu engine digunakan untuk pembuatan buku tamu,  counter dan beberapa homepage. Ia menamai engine parser tersebut dengan  nama PHP/FI. Dengan semangat opensource, para pengembang di dunia  mencoba mengembangkan PHP/FI.

Sampai pada tahun 1997, lebih dari 500.000 website di dunia menggunakan PHP/FI untuk menyelesaikan masalah seperti konkesi kedatabase, menampilkan content yang dinamis dan lain-lain. Pada juni 1998, PHP 3.0 dirilis. Pada saat itu PHP sudah mendukung multiflatform (bukan hanya linux), webserver, sejumlah database, SNMP (Simple Network Management Protocol) and IMAP (Internet Message Access Protocol).mMenurut survei yang dilakukan oleh http://netcraft.org, saat ini pengguna PHP sudah mencapat 9,5 juta domain.

3. Menggunakan PHP

 Ketika kita ingin mempelajari PHP, hal pertama yang harus disiapkan adalah  sebuah web server, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa PHP  merupakan bahasa pemrograman disisi server. Banyak sekali jenis web server  yang dapat digunakan, antara lain Apache, IIS, iPlanet, Omnni, Xintami, dan lain-  lain. Setelah web server terinstal barulah kita install PHP sebagai modul. 

Related : CodeIgniter

0 Komentar untuk "CodeIgniter"